Masih Pedulikah Kita Terhadap Bumi Dan Lingkungan?

10 Nov 2012

Membicarakan soal BUMI dan LINGKUNGANnya. Peranahkah kita memperhatikan dan menyadari dengan cuaca yang ada di BUMI yang saat ini kian hari terasa kian panas bahkan sangat panas? Apa lagi ketika kita bepergian keluar rumah dijalan terasa kulit kita terbakar. Itulah dampak dari pemanasan global pada bumi kita yang ruang hijau semakin berkurang dan hutan hutan dari hari kehari semakin menyempit dan digantikan dengan gedung-gedung yang menjulang tinggi tampa memikirkan keadaan dari bumi kita ini.

Untuk itu kita harus berfikir untuk ciptakan hunian kota yang tidak hanya tertata, aman, dan indah tetapi juga memiliki harmonisasi dengan lingkungan alam sekitarnya merupakan kawasan hunian idaman kita semua. Untuk mewujudkan impian tersebut, tidak hanya perlu kebijakan serta perencanaan dan penataan ruang dari pemerintah maupun peran aktif masyarakat saja. Partisipasi kalangan swasta, terutama perusahaan-perusahaan sekitar, juga penting di dalam mewujudkan kota hijau yang berkelanjutan.

Perputaran roda industri tidak hanya ditopang oleh keberadaan sumber daya manusia saja, melainkan juga sumber daya alam. Dari alamlah pabrik-pabrik memperoleh bahan baku untuk dapat membuat produk-produknya. Seiring dengan berkembangan teknologi, berbagai sumber daya alam, seperti pohon dan tumbuhan, batu bara, minyak bumi, gas, air, tanah, beserta binatang-binatang yang mendiaminya, dalam waktu singkat berubah menjadi tumpukan kertas, bahan bakar berbagai mesin, lahan perkebunan dan pertanian, maupun produk makanan serta minuman jadi yang diproduksi secara massal. Sayangnya, alam tidak lagi seimbang akibat terlalu banyak dieksploitasi dan dicemari. Tatkala berbagai bencana alam kian sering terjadi dan perubahan cuaca serta pemanasan global menjadi isu yang mulai ditakuti, baru manusia tersadar untuk memperhatikan lingkungan alam yang diterlantarkannya. Semua kalangan di belahan dunia mulai menyadari pentingnya melakukan tindakan untuk mencegah, menjaga, dan mengurangi kerusakan lingkungan, tak terkecuali para kalangan pengusaha.

Beragam kegiatan yang dilakukan demi melestarikan keberlanjutan lingkungan alam secara langsung maupun melalui kerja sama pemangku kebijakan lainya. Kegiatan lingkungan biasanya biasanya berupa kampanye, pemberian bantuan pendidikan maupun pelatihan, penanaman pohon, pembuatan ruang terbuka hijau maupun taman, penghematan sumber daya alam.

Kegiatan kegiatan lingkungan hidup diatas merupakan sedikit dari aksi menjaga kelestarian alam yang harus terus dilakukan seluruh masyarakat dan pemangku kebijakan, termasuk kalangan pengusaha. Bagaimanapun bumi yang kita tempati hanyalah satu. Jika bumi ini rusak, maka musnahlah kehidupan yang ada di dalamnya. Sebagaimana orang bijak berkata, “Ketika pohon terakhir telah ditebang, ketika ikan terakhir telah mati, ketika sungai terakhir telah tercemar, barulah manusia akan sadar bahwa manusia tidak bisa makan uang.” (Endah)

Cintailah alam seperti mencintai diri kita sendiri, juga hematlah energy buat anak cucu kita nantinya alam hutan seisinya itu bukan untuk kita manfaatkan sesuka hati kita tapi semua itu hanyalah titipan buat anak cucu kita nantinya.

Kita bisa menjga lingkungan dan bumi kita ini yang satu satunya dengan melakukan dari hal yang terkecil dengan tidak membuang sampah sembarangan contohnya atau bias juga kita memulai dengan hal penanaman pohon disekitar rumah untuk menyejukkan lingkungan sekitar rumah juga membantu mengurangi polusi disekitar lingkungan kita dan udara akan lebih segar dan menyehatkan buat tubuh kita.

Oleh karna itu perlu kita pahami dan kita saling menjaga bumi ini untuk kehidupan yang lebih baik nantinya.

Terima kasih …salam lestari hijau bumi kita slalu dan slamnya

Nama : Ahmad Khoirul Fatah

Progdi : Managemen


TAGS Renungan


-

Author

Follow Me